Ujian Akhir Madrasah 2021 di Pondok Pesantren Madinatunnajah Kota Cirebon


Bertempat di dua tempat, Gedung BLK dan Gedung MTs Pondok Pesantren Madinatunnajah Kota Cirebon, sebanyak 76 orang santri tingkat Kelas 3 MTs dan MA. Hari ini, 22 Maret 2021 mengikuti Ujian Akhir Madrasah. Ujian ini adalah ujian terakhir yang akan mereka hadapi sebelum nantinya akan dinyatakan lulus dan lanjut ketingkat selanjutnya.

51 Santri Putra dan Putri jenjang MTs melaksankan ujian Madrasah dengan menggunakan tulisan. Berbeda dengan 25 Santri jenjang MA melaksanakn Ujian Madrasah dengan Menggunakan Komputer.

Sebelumnya diketahui bahwa untuk Tahun Ajaran 2020/2021, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan telah meniadakan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan secara resmi sebagaimana yang dimuat dalam Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 Tahun 2021. Menindak lanjuti hal tersebut, Kementerian Agama melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menerbitkan Surat Edaran No. B-298/DJ.I/PP.00/02/2021 Tentang Penyelenggaraan Kelulusan dan Kenaikan Kelas di Madrasah Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Masa Darurat Penyebaran Covid-19.

Berdasarkan Surat Edaran tersebut, maka kelulusan peserta didik harus didasari oleh; 1) sudah selesai mengikuti program pembelajaran, 2) memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik, dan 3) mengikuti Ujian Madrasah yang bentuk dan teknisnya diatur melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 752 Tahun 2021 tentang POS Penyelenggaraan Ujian Madrasah TP. 2020/2021. Dengan demikian, keputusan kelulusan peserta didik sepenuhnya menjadi kewenangan masing-masing madrasah.

Selain hal di atas, dalam menentukan kelulusan santri. Pondok Pesantren Madinatunnajah Kota Cirebon sudah terlebih dahulu menyelenggarakan Ujian Akhir dalam bentuk Ujian Akhir Pondok, Ujian Amaliyatuttadris (Praktik Mengajar) untuk tingkat MA, Ujian Hafalan Quran. Hal ini dilakukan untuk memastikan kesiapan masing-masing santri bahwa mereka sudah menguasai kemampuan-kemampuan yang dipersyaratkan sehingga kelak mampu menjadi insan bermanfaat di masyarakat sekaligus menjadi modal untuk melanjutkan pendidikan selanjutnya dan ke Perguruan Tinggi yang didambakan.