Santri Berbaur dengan Masyarakat

Dari beberapa kegiatan yang diperkenalkan kepada para santri senior atau kelas VI TMI Madinatunnajah Kota Cirebon adalah Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) yang merupakan aplikasi dari Panca Darma yaitu: Ibadah, Ilmu yang Berguna di Masyarakat, Kader Umat, Dakwah Islamiyah, Cinta Tanah Air dan Berwawasan Nusantara, serta aplikasi dari Panca Jangka.
Praktik Pengabdian Masyarakat (PPM) merupakan program tahunan Pondok Pesantren Madinatunnajah Kota Cirebon, dimana para santri senior ditebar secara berkelompok di daerah-daerah tertentu sesuai kriteria masyarakat yang dipilih oleh Pimpinan Pesantren, dan masa kegiatan PPM adalah 10 Hari dari hari kedatangan dilokasi tujuan. 
Saat ini sedang berlangsung salah satu program akhir Pondok Pesantren Madinatunnajah yaitu PPM (Praktek Pengabdian Masyarakat) yang dilaksanakan di kelurahan Kenanga kecamatan Sumber kabupaten Cirebon. Kegiatan PPM ini dilaksanakan mulai tanggal 27 Desember 2019 s/d  5 Januari 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan para santri belajar dan mengenal langsung ragam sosial kemasyarakatan dengan empati dan mengabdikan ilmu yang didapat selama di Pesantren dengan simpati dakwah Islamiyah ditengah masyarakat yang mana diharapkan santri lebih matang secara kepribadian dan  terbangun karakter Islamiyah setelah selesai kegiatan tersebut.